Thursday, March 30, 2017

Bunga Lawang


Sebelumnya  kalo  lagi ke super market, dibagian tempat bumbu bumbu selalu liat rempah yang berbentuk seperti bintang. Karena belom pernah sama sekali memasak pake rempah bunga lawang ini, jadi emang belom tau kegunaan rempah tersebut

Kemaren malem gak tau kenapa kok pengen banget bikin rendang yang bener2 enak. Lama juga gak pernah masak rendang. Iseng banget cari cari resep rendang yang lain dari biasanya, setelah pilih pilih resep , kok ada resep rendang yang pake bunga lawang (pekak).  Tanpa pikir panjang lagi langsung browsing  tentang Bunga Lawang.  Ternyata nama lain dari Bunga Lawang adalah Pekak atau Star Anise.

Dari hasil browsing, Bunga lawang dijadikan rempah untuk menjadi penyedap rasa untuk makanan, sama seperti kulit kayu manis dan bunga cengkeh. Bunga lawang juga banyak dipakai dalam masakan India yang kaya rempah misalnya untuk kari. Bangsa Thailand, Vietnam, dan Indonesia juga banyak memakai bunga lawang untuk penyedap masakan. Di Indonesia, bumbu ini digunakan di beberapa daerah yang memiliki ciri khas masakan berbumbu tajam.  Misalnya saja gulai Aceh, Rendang Padang, masakan Jawa, dan Bali.

2 comments:

  1. baru tau kalau pekak=bunga lawang

    bikin rendangnya gimana mom???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ku juga baru tau neh kalo pekak itu bunga lawing..

      akhirnya belom bikin rendangnya...hehehe

      Delete